Sejarah Perkembangan Geolistrik

Sejarah Perkembangan Geolistrik

Sejarah perkembangan geolistrik eksplorasi geolistrik adalah perubahan yang paling unik dari semua geofisika eksplorasi. Unik lantaran dalam perubahannya metoda ini terdiri - untuk dalam sebagian mazhab (school) , walau sebenarnya sumber basic teori sama. Ketidaksamaan itu terdapat pada :

a. tata langkah kerja (konfigurasi elektroda, interpretasi) .
b alat yang dipakai, sebenarnya setiap alat bisa dipakai untuk mazhab apa pun, walau demikian ketidaksamaan konfigurasi elektroda yang digunakan memengaruhi daya penetrasi alat.
c. data prossessing.

Pemakaian sifat-sifat kelistrikan untuk maksud eksplorasi telah di kenal peradaban manusia kian lebih dua era waktu lalu. Pelopor yang awal mula menggunakan langkah geofisika untuk maksud ksplorasi yaitu :
Gray serta Wheeler thn. 1720, lakukan pengukuran pada batuan serta mecoba membakukan tidak tipis konduktivitas batuan.

Watson thn 1746, temukan, bahwa tanah adalah konduktor di mana mungkin yang dilihat pada titik-titik di antara dua elektroda arus yang dipotong sejarak 2 mil, bervarisai disebabkan ada ketidaksamaan keadaan geologi setempat.

Robert W. Fox thn. (1789 - 1877) , bisa dikatakan sebagai Ayah Metoda Geolistrik, lantaran beliau yang pertama kali mempelajai jalinan sifat-sifat listrik dengan situasi geologi, temperatur, terrestrial electric serta geothermal. Fox pelajari sifat-sifat kelistrikan tersebut di tambang-tambang Corn wall, Inggris.
Perubahan dilanjutkan dengan cara bertahap : thn. 1871 oleh W. Skey, thn. 1847 oleh Charles Matteucci. , thn. 1882 oleh Cart Barus, thn. 1891 oleh Brown, thn. 1897 oleh Bernfield, thn 1912 oleh Gottchalk, thn. 1914 oleh R. C. Wells serta George Ottis.

Sejarah Perkembangan Geolistrik
Perubahan agak tidak sama sesudah Conrad Schlumberger serta R. C. Well di mana geolistrik berkembang di dua benua, lewat cara serta histori yang tidak sama. Walau demikian di ujung perubahan itu ke-2 mazhab ini bersua lagi, terlebih dalam memakai rencana matematika yang sama yang diaplikasikan pada teori interpretasi semasing.

Perkebangan peralatan diawali dari peralatan geolistrik didalam truk hingga pada alat geolistrik sebesar tas kecantikan.

Perubahan pemrosesan data nilai tahanan type pada era ke 20 yakni dengan dibuatnya kurva baku serta kurva penambahan oleh Orellana E. serta Mooney H. M. , 1966, Bhattacharya P. K. serta Patra H. P. , 1968, Rijkkswaterstaat, The Netherland, 1975, Zohdy, A. A. R. , 1975.

Perubahan dalam penafsiran lengkungan tahanan type dengan pembuatan piranti lunak dari lakukan " matching curve " hingga piranti lunak VESPC, RESINT 53, GRIVEL, RESIX serta IP2Win.

Tag: sejarah geolistrik, sejarah perkembangan geolistrik, sejarah metode geolistrik, jual alat geolistrik