Apa itu Geolistrik

Apa itu Geolistrik

Geolistrik yaitu satu metoda eksplorasi geofisika untuk menyelidiki situasi bawah permukaan dengan memakai sifat-sifat kelistrikan batuan. Sifat-sifat kelistrikan itu yaitu, diantaranya. tahanan type (specific resistivity, conductivity, dielectrical constant, kekuatan menyebabkan self potential serta medan induksi dan karakter menaruh mungkin dan sebagainya.

Metoda geolistrik tempati tempat yang unik pada klasifikasi geolistrik. Metoda - metoda ekpslorasi geolistrik sangatlah bermacam, ada metoda yang bisa dimasukkan dalam kelompok dinamis, walau demikian ada pula yang bisa dimasukkan kedalam kelompok statis. Salah satu kekhasan lain dari metoda geolistrik yaitu terpecah-pecaah jadi berbagai macam mazhab (aliran atau school) yang tidak sama satu dengan yang lain.

alat geolistrik

Pendugaan geolistrik dikerjakan dengan menghantarkan arus listrik (lain I) buatan kedalam tanah lewat batang elektroda arus, lalu mengukur lain mungkin (lain V) pada elektroda lain. Hasil pencatatan akan tahu tahanan type bahan yang dilewati oleh arus listrik bisa di ketahui dengan Hukum Ohm yakni :
R = V/I.............. (1),
di mana R = tahanan (ohm/mohm), V= lain mungkin listrik (volt/mvolt) serta I = lain arus listrik dalam amper/mampe).

Dengan memakai nilai tahanan type ini jadi aplikasi metoda geolistrik sudah dipakai pada beragam bagian pengetahuan yakni :
1. Regional Geology untuk tahu susunan, stratigrafi serta sedimentasi.
2. Hidrogeologi/Geohidrologi untuk tahu muka air tanah, akuifer, stratigrafi, intrusi air laut.
3. Geologi Tehnik untuk tahu susunan, startigrafi, permeabilitas serta porositas batuan, batuan basic, pondasi, kontruksi bangunan tehnis.
4. Pertambangan untuk tahu endapan plaser, stratigrafi, susunan, penyebaran endapan mineral.
5. Archeology untuk tahu basic candi, candi terpendam, tanah galian lama.
6. Panas bumi (geothermal) tahu kedalaman, penyebaran, low resistivity daerah panas bumi.
7. Minyak untuk tahu susunan, minyak, air serta kontak air serta minyak dan porositas, water kontent (well logging geophysic).